Selamat Idul Adha 1439H

Selamat Idul Adha 1439H

24 August, 2018
Caleg DPRD Kota Jogja Dapil V Umbulharjo dan Kotagede

Suasana Idul Adha 1439H masih terasa, kumandang Takbir masih terdengar di berbagai tempat.

Kami sekeluarga mengucapkan selamat hari Raya Idul 'Adha 1439H
Semoga Allah menrima semua amalan amalan kita semuanya pada hari raya ini.

Sungguh yang diterima Allah bukanlah hewan yang kita kurbankan, melainkan ketaqwaan keimanan dan keikhlasan kita.

Hari Tasyrik merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada setelah Idul Adha yaitu hari ke 11,12 dan 13 pada bulan zulhijjah menurut kalender Islam.

Pada hari tersebut jamaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di Mina. Pada tanggal tersebut, para jamaah haji melempar jumrah. Hari tasyrik merupakan salah satu hari di mana umat Islam dilarang berpuasa karena pada hari tasyrik adalah hari untuk makan dan minum (HR. Thabrani).

Hari tasyrik menurut ajaran Islam adalah hari berdzikir. Beberapa zhikir yang diajurkan oleh ajaran Islam pada hari tasyrik yaitu berzhikir kepada Allah dengan bertakbir setelah menunaikan salat wajib. Perbuatan ini disyariatkan hingga akhir hari tasyrik hal ini diriwayatkan dari Umar, Ali dan Ibdu Abbas.

Membaca tasmiyah (bismillah) dan takbir ketika menyembelih hewan Kurban. Berdzikir dan memuji Allah ketika makan dan minum yaitu dengan cara membaca basmallah dan dan mengakhirinya dengan hamdallah. Berdzikir dengan takbir ketika melempar jumroh di hari tasyrik bagi mereka yang melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, Keutamaan hari Tsyrik adalah "Tempat Meminta Kebaikan Dunia dan Akhirat"

Sebagaiamana do’a Rasulullah SAW ketika datangnya hari tasyrik ini, maka beliau pun membaca do’a – do’a yang berkenaan dengan kebaikan dunia dan akhirat.

Berdasarkan hadits diriwayatkan dari Annas bin Malik R.A, ia berkata :
"Bahwasanya do’a yang paling banyak dibaca oleh Nabi SAW yaitu Rabbanaa Aatinaa Fi dunya Hasanah Wa Fil Akhirati Hasahah, Wa Qinaa Adzaabannaar.” ( H.R Bukhari dan Muslim ).



Ikuti Sosial media Kami